PEREMPUAN KEPALA RUMAH TANGGA, Siti Partini Suardiman

PEREMPUAN KEPALA RUMAH TANGGA, Siti Partini Suardiman

Prof. Dr. Siti Suardiman mengemukakan kesukaran yang dihadapi perempuan dalam rumah tangga. Perempuan yang menjadi kepala rumah tangga terpaksa menggabungkan peran sebagai ayah dan ibu bagi anak-anaknya dalam proses sosialisasi. Keadaan demikian menuntut kemandirian dari perempuan, yang menurut penulis buku bukan merupakan kebiasaan perempuan Jawa, khususnya perempuan yang tinggal di pedesaan Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali. Sebaliknya, perempuan terbiasa tersubordinasi atau didominasi laki-laki.

Studi ini menunjukkan bahwa pendapatan perempuan kepala rumah tangga dipengaruhi oleh faktor umur, pendidikan, partisipasinya dalam kursus, jumlah anak yang masih hidup di atas 10 tahun, jumlah yang bekerja, luas tanah garapan, serta kemandirian baik secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri. Berdasarkan penemuannya, tentu saja penulis menyarankan agar perempuan kepala rumah tangga lebih diperhatikan, baik oleh pemerintah maupun oleh masyarakat umumnya.

Berawal dari usaha mempelajari keadaan perempuan kepala rumah tangga, studi ini menunjukkan pentingnya kemandirian bagi perempuan, tidak hanya untuk dapat bertahan ketika ia menjadi kepala rumah tangga, tetapi juga sebagai pribadi walaupun masih dalam lingkungan keluarga utuh. Kesadaran tersebut membuat buku ini penting bagi mereka yang masih memiliki anak perempuan di rumah dan tentu saja bagi peneliti dan mereka yang berkecimpung dalam dunia advokasi gender dan perempuan.

Rp 55.000

Beli Sekarang
sold
Berat (gram)700



INFO BUKU

Judul: Perempuan Kepala Rumah Tangga
Penulis: Siti Partini Suardiman
Penerbit: Jendela
Edisi: 2001
Halaman: 190
Ukuran: 15 x 21 x 1 cm
Sampul: Soft Cover
Bahasa: Indonesia
Kondisi: Buku Baru
Lokasi: 305.8320/Sua/p

Kode: Masukkan kode negara.
Telepon: Masukkan nomor telepon.


Checkout Sekarang