RAMAYANA, Sunardi D.M.

RAMAYANA, Sunardi D.M.

Kisah Ramayana ini merupakan versi Indonesia. Ia merupakan lanjutan dari cerita wayang Arjuna Sasrabahu. Ia diolah dari buku-buku serat padhalangan Ringgit Purwa jilid 36 (Jatuhnya Negeri Ayodya, Perkawinan Dasarata, Lahirnya Dewi Sinta dan Anoman, Perkawinan Rama dan Sinta, Rama Gandrung, Prabu Rama, Pasanggrahan Maliawan, Anoman Duta, Rama Tambak, Anggada Duta dan Bukbis), dan jilid 37 (Trikaya Tewas, Trisirah Tewas, Kumbakarna Tewas, Megananda Tewas, Rahwana Tewas, Tambak Undur, Sinta Obong, Rama Nitik dan Rama Nitis)

Ia diramu dengan cerita-cerita silsilah yang terdapat dalam buku Arjuna Sasrabahu karangan Raden Ngabehi Sindusastra terbitan Balai Pustaka Weltevreden 1930 Seri No.889, jilid 1,2,3,4,5, dan 6 (lahirnya tokoh-tokoh Alengka, lahirnya para kera anak dewa).

Penghimpun buku-buku serat Padhalangan Ringgit Purwa itu sendiri adalah Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunagara VII di Surakarta, Kanjeng Pangeran Arya Kusumadiningrat di Surakarta dan J. Kats.

Gambar-gambar wayang yang dijadikan ilustrasi aslinya diambil dari koleksi wayang kulit milik Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara IV di Surakarta.Untuk penyempurnaan di sana-sini dimasukkan kisah-kisah yang terdapat dalam buku yang lain, ialah buku Serat Rama terbitan Van Dorp & Co Semarang dan Surabaya tahun 1911, dan buku Almanak yang memuat cerita Ramawijaya terbitan Kolf Bunning Yogyakarta tahun 1922 nama pengarang tidak disebutkan, tetapi menurut gaya bahasanya adalah dari Yasadipuran.

Raden Ngabehi Yasadipura adalah pujangga Surakarta terkenal yang jenazahnya sekarang dimakamkan di makam keluarga Pengging, dekatBayalali, Jawa Tengah.

Untuk para Perwira, Bintara, dan Prajurit Angkatan Bersenjata kisah Ramayana ini sangat mengasyikan, karena di dalamnya terdapat peristiwa-peristiwa pertempuran perseorangan dan kelompok, peperangan yang menggunakan jutaan prajurit, dan bagaimana mengendalikan prajurit sebanyak itu.

Rp 90.000

Beli Sekarang
sold
Berat (gram)700


INFO BUKU

Judul: Ramayana
Penulis: Sunardi D.M.
Penerbit: Balai Pustaka
Edisi: VI, 2000
Halaman: 320
Ukuran: 15 x 21 x 1 cm
Sampul: Soft Cover
Bahasa: Indonesia
Kondisi: Buku Bekas Koleksi Pribadi
Lokasi: 791/Sun/r

Kode: Masukkan kode negara.
Telepon: Masukkan nomor telepon.


Checkout Sekarang