EMANSIPASI: SURAT-SURAT KEPADA BANGSANYA 1899-1904, RA Kartini

EMANSIPASI: SURAT-SURAT KEPADA BANGSANYA 1899-1904, RA Kartini

Buku Emansipasi: Surat-Surat Kepada Bangsanya 1899-1904 adalah terjemahan dari buku Door Duisternis Tot Licht yang merupakan kumpulan surat R.A. Kartini kepada teman-temannya terutama orang-orang Belanda. Kumpulan surat ini pertama kali diterbitkan oleh Mr. J.H. Abendanon pada tahun 1911.

Semula yang akan dipakai untuk terjemahan ini buku cetakan yang kelima, cetakan terbaru, tetapi karena rencana penerbitan ulang tersebut mengalami keterlambatan sehubungan dengan sesuatu hal, maka diputuskan menerjemahkan buku cetakan keempat. Sementara itu cetakan kelima terbit dengan memuat surat-surat baru dan bagian-bagian surat yang melengkapi surat-surat yang telah ada dalam cetakan keempat. Semua surat baru ini diterjemahkan dan disusun berurutan menurut tanggalnya di antara surat-surat yang telah ada yang disusun berurutan juga.

Di beberapa surat terdapat bagian-bagian yang sama, karena surat-surat itu ditujukan kepada beberapa orang. Bagian-bagian yang sama itu menunjukkan kegembiraan, keprihatinan dan perhatian besar Kartini terhadap persoalan yang diulang-ulang. Karena itu semua surat diterjemahkan lengkap. Dengan demikian lebih mudahlah dapat diikuti apa yang dengan gigih diperjuangkan atau ingin dilaksanakan Kartini. Dan dengan demikian, dapat pula diikuti perkembangan jiwa seorang gadis berumur 20 tahun yang mulai mencurahkan pikirannya tentang bangsanya dan untuk bangsanya itu sampai dia menjadi seorang ibu pada usia 25 tahun.

Di samping surat-surat Kartini, dalam terjemahan ini disertakan lampiran-lampiran untuk menambah pengertian yang lebih jelas mengenai beberapa peristiwa dalam surat-surat itu. Terjemahan kumpulan surat ini diberi judul yang berbeda dari judul asli “Door Duisternis Tot Licht” yang sudah dialihbahasakan menjadi “Habis Gelap Terbitlah Terang” yang memang sesuai dengan semangat zaman politik etis dulu, tetapi dirasakan tidak sesuai lagi untuk zaman sekarang. Bangsa Jawa dalam subjudulnya yang asli diganti dengan “bangsanya”, karena jika diteliti, walaupun Kartini hampir selalu menyebutkan bangsa “Jawa”, namun yang didambakan itu adalah kemajuan seluruh bangsa Indonesia juga.
Rp 100.000

Beli Sekarang
sold
Berat (gram)700


INFO BUKU

Judul: Emansipasi: Surat-surat kepada Bangsanya 1899-1904
Penulis: RA Kartini
Penerbit: Jalasutra
Edisi: 2014
Halaman: xxviii +580
Ukuran: 15 x 23 x 4 cm
Sampul: Soft Cover
Bahasa: Indonesia
Kondisi: Buku Baru
Lokasi: 920/Kar/e/ds

Kode: Masukkan kode negara.
Telepon: Masukkan nomor telepon.


Checkout Sekarang