JEJAK SOEKARDJO HARDJOSOEWIRJO DI TAMAN IMPIAN JAYA ANCOL, Sugianto Sastrosoemarto dan Budiono

JEJAK SOEKARDJO HARDJOSOEWIRJO DI TAMAN IMPIAN JAYA ANCOL, Sugianto Sastrosoemarto dan Budiono

Siapakah Soekardjo Hardjosoewirjo itu? Mungkin orang belum banyak yang mengenal sosok beliau ini, bahkan orang Jakarta sekalipun. Yang kita tahu Taman Impian Jaya Ancol adalah taman hiburan pantai termegah dan terlengkap di Jakarta, tanpa tahu siapa yang memulai membangun taman tersebut. Ya, Soekardjo Hardjosoewirjo adalah orang yang pertama kali membangun Ancol berdasarkan mandat yang diterima Gubernur Soemarno Sosroatmodjo dari Bung Karno pada awal dekade 1960-an. Bung Karno memerintahkan agar Ancol yang tadinya merupakan rawa-rawa dan hutan belukar yang angker dan dikenal sebagi tempat jin buang anak, yang konon adalah wilayahnya “mbah Kondor” itu, supaya dibangun menjadi tempat rekreasi yang terbaik di Indonesia dan Asia Tenggara.

Apa saja pengalaman suka-duka Soekardjo saat memipin proyek raksasa ini. Apa kaitannya dengan “sang pelopor” Ir. Ciputra. Apa terobosan-terobosan Gubernur Ali Sadikin dalam merealisasikan ide Bung Karno tersebut? Bagaimana kiat-kiat Soekardjo mencari solusi saat kehabisan dana proyek? Seluruh pengalaman pengabdiannya pada bangsa dan negara termasuk ketika diberi kepercayaan untuk meletakkan dasar pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah, juga pada saat memimpin dan memindahkan Pekan Raya Jakarta (PRJ) dari Lapangan Monumen Nasional (Monas) ke Kemayoran, ia tuangkan dalam buku biografi ini.

Meski kiprah dan peranannya dalam pembangunan berbagai proyek raksasa di Jakarta tak banyak diketahui orang, Soekardjo memiliki sisi-sisi kehidupan yang kiranya layak diteladani oleh generasi muda sekarang. Beliau selalu menjaga kepercayaan yang diembannya, bekerja keras dan bertanggung jawab yang dilandasi dengan kejujuran.

Rp 20.000

Beli Sekarang
sold
Berat (gram)700


INFO BUKU

Judul: Jejak Soekardjo Hardjosoewirjo di Taman Impian Jaya Ancol
Penulis: Sugianto Sastrosoemarto dan Budiono
Penerbit: Kompas
Edisi: 2012
Halaman: 324
Ukuran: 14.2 x 20.9 x 1.8 cm
Sampul: Soft Cover
Bahasa: Indonesia
Kondisi: Buku Koleksi Pribadi
Lokasi: 920/Sas/j

Kode: Masukkan kode negara.
Telepon: Masukkan nomor telepon.


Checkout Sekarang