PEMBANGUNAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, Dr. Sunyoto Usman

PEMBANGUNAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, Dr. Sunyoto Usman

Pembangunan jelas bukan sekedar perkara teknis-ekonomis; mengintroduksi dan mengimplementasikan proyek-proyek fisik atau mengucurkan subsidi. Pengalaman tiga dasawarsa lebih yang lalu (1966-1998) mengajarkan betapa pembangunan merupakan proses yang amat berurusan dengan harkat martabat manusia.

Ditangan rezim Orde Baru, pembangunan  justru menunjukkan wajahnya yang eksploitatif dan monopolistik hampir di seluruh kehidupan bangsa ini. Atas nama pembangunan, rezim tersebut tampak leluasa berlaku tidak adil, tidak demokratis dan memusuhi siapa saja yang dianggap menghalangi kehendaknya. Alhasil, masyarakat pun hidup dengan dicekam ketakutan dan penderitaan.

Belajar dari kebangkrutan moral dan legitimasi rezim semacam itulah, usaha membangun masyarakat yang mengandung relevansi emensipatoris hanya dapat dilakukan jika turut memasukkan upaya pemberdayaan masyarakat. Bukan saja memerangi kemiskinan dan kesenjangan, tetapi juga memungkinkan masyarakat untuk menjadi lebih aktif, penuh inisiatif dan mandiri menuju "Indonesia Baru".

Rp 18.000

Beli Sekarang
Tersedia
Berat (gram)700


INFO BUKU

Judul: Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat
Penulis: Dr. Sunyoto Usman
Penerbit: Pustaka Pelajar
Edisi: Cetakan I, 1998
Halaman: 109
Ukuran: 15 x 21 x 1cm
Sampul: Soft Cover
Bahasa: Indonesia
Kondisi: Buku Baru
Lokasi: 360/Usm/p

Kode: Masukkan kode negara.
Telepon: Masukkan nomor telepon.


Checkout Sekarang