PERCIKAN FILSAFAT, Drijarkara

PERCIKAN FILSAFAT, Drijarkara

Buku Percikan Filsafat merupakan karangan-karangan singkat yang antara tahun 1958 - 1961 telah disiarkan melalui RRI Yogyakarta dan Jakarta. Untuk mengatakan dengan lebih tepat, yang dibacakan di muka corong studio Jakarta adalah bagian yang menguraikan Fenomenologi, sedangkan lain-lainnya diucapkan di Yogyakarta.

Percikan Filsafat, demikianlah judul yang semula dari uraian-uraian singkat itu. Dan judul ini tetap digunakan sebagai "wajah" dari buku ini. Adapun sebabnya karena judul tersebut dianggap tepat untuk menunjuk corak dan isi dari kumpulan paparan-paparan ini. Dengan menggunakan kata "percikan", penulis ingin mengemukakan bahwa tulisan-tulisan tersebut tidak dimaksud sebagai kupasan yang lengkap mengenai hal-hal yang bersangkutan.

Penggunaan kata "filsafat", dimaksudkan untuk menunjuk tabiat-tabiat dari percikan-percikan itu. Filsafat dari pikiran manusia, yang radikal artinya, yang dengan mengesampingkan pendirian-pendirian dan pendapat-pendapat "yang diterima saja" mencoba memperlihatkan pandangan yang merupakan akar dari lain-lain pandangan dan sikap yang praktis. Jika filsafat, misalnya berbicara tentang masyarakat, hukum, sosiologi, kesusilaan dan sebagainya, di situ pandangan tidak diarahkan ke sebab-sebab yang terdekat, melainkan ke "mengapa" yang terakhir sepanjang kemungkinan yang ada pada budi manusia berdasarkan kekuatannya.

Jika mengingat ini, siapakah yang tidak akan ragu-ragu untuk menghidangkan filsafat dalam bentuk percikan?

Rp 20.000

Beli Sekarang
Sold
Berat (gram)700



INFO BUKU

Judul: Percikan Filsafat
Penulis: Drijarkara
Penerbit: Pembangunan
Edisi: Cetakan Kelima, 1989
Halaman: 198
Ukuran: 14.5 x 20 x 1cm
Sampul: Soft Cover
Bahasa: Indonesia
Kondisi: Buku Bekas Koleksi Pribadi
Lokasi: 100/Dri/p

Kode: Masukkan kode negara.
Telepon: Masukkan nomor telepon.


Checkout Sekarang