GERUNDELAN ORANG REPUBLIK, Y.B. Mangunwijaya

GERUNDELAN ORANG REPUBLIK, Y.B. Mangunwijaya

Gerundelan Orang Republik merupakan esei Romo Mangun yang pernah dimuat di berbagai media massa -- seperti harian Kompas, Indonesia Raya, Suara Karya, Jawa Pos, Majalah Mingguan Tempo dari kurun waktu 1972 sampai tahun 1995, terutama yang menyangkut tema dasar kemerdekaan Republik Indonesia.

Dalam buku ini Romo Mangun mengajak kita mempertanyakan kembali esensi kemerdekaan yang terdalam, mempertanyakan kembali apa perbedaan setelah 'merdeka' bagi rakyat!

Gerundelan Orang Republik oleh Romo Mangun ditujukan terutama bagi generasi muda. karena Romo Mangun ingin mengekspresikan simpati dan kepercayaan kepada mereka.

Tentu ada satu dua kaum tua, yang dapat bernostalgia melalui esei-esei ini, membandingkan dengan pengalaman waktu itu (zaman Belanda, Jepang, Soekarno), kemudian merasakan bagaimana situasi kondisi sampai di zaman Orde Baru.

Menurut Romo Mangun, esei bukan merupakan gugusan dalil-dalil yang mampu mengklaim kebenaran secara mutlak, melainkan merupakan upaya, ikhtiar dalam rangka memahami sesuatu yang dianggap penting, dan -- terutama -- sebagai media untuk dialog, setidak-tidaknya berfungsi semacam pemantik untuk menyalakan reaksi, baik yang berasal dari nalar, afeksi maupun cita rasa yang mudah-mudahan, mampu menggerakkan semacam keterlibatan diri dan bertanggungjawab sesuai kedudukan serta kemampuan kita masing-masing.

Rp 44.000

Beli Sekarang
Sold
Berat (gram)700


INFO BUKU

Judul: Gerundelan Republik
Penulis: Y.B. Mangunwijaya
Penerbit: Pustaka Pelajar
Edisi: Cetakan Pertama 1995
Halaman: 379
Ukuran: 15 x 21 x 2cm
Sampul: Soft Cover
Bahasa: Indonesia
Kondisi: Buku Bekas Koleksi Pribadi
Lokasi: 814/Man/g

Kode: Masukkan kode negara.
Telepon: Masukkan nomor telepon.


Checkout Sekarang