BUNGA RAMPAI STILISTIKA, Panuti Sudjiman

BUNGA RAMPAI STILISTIKA, Panuti Sudjiman

Bagaimana stilistika bisa dipergunakan untuk menjelaskan sastra? Stilistika, menurut penulis buku ini, mengkaji wacana sastra dengan orientasi linguistik, mengkaji cara sastrawan memanfaatkan unsur dan kaidah dalam bahasa serta efek pemanfaatan tersebut. Karena itu, "stilistika dapat dianggap menjembatani kritik sastra di satu pihak dan linguistik di pihak lain". Menurut penulis, stilistika bukan kritik sastra, tetapi dapat membuka jalan untuk kritik yang lebih objektif.

Selain memaparkan pengertian dan sejumlah istilah penting dalam stilistika, buku ini pun menyajikan contoh kongkret pelaksanaan kajian stilistika terhadap beberapa karya dari khazanah sastra Indonesia modern.

Panuti Sudjiman lahir di Banyumas, Jawa Tengah, pada 22 Maret 1931. Sarjana Sastra dari Fakultas Sastra Universitas Indonesia ini meraih gelar doktor dari The Australian National University, Canberra, Australia, dengan disertasi Adat Raja-raja Melayu: A Critical Edition together with a Commentary on Court Ceremonials Described (1980). Karya tulisnya yang lain, Kamus istilah Sastra (1984), Petunjuk Penulisan Karya Ilmiah (1984), Memahami Cerita Rekaan (1988), dan Serba-serbi Semiotika (penyunting, Bersama Aart van Zoest, 1992).

Rp 45.000

Beli Sekarang
sold
Berat (gram)700


INFO BUKU

Judul: Bunga Rampai Stilistika
Penulis: Panuti Sudjiman
Penerbit: Grafiti
Edisi: 1993
Halaman: 120
Ukuran: 14.5 x 21 cm
Sampul: Soft Cover
Bahasa: Indonesia
Kondisi: Buku Bekas Koleksi Pribadi
Lokasi: 800/Sud/b

Kode: Masukkan kode negara.
Telepon: Masukkan nomor telepon.


Checkout Sekarang