NIRMANA ELEMEN ELEMEN SENI DAN DESAIN, Sadjiman Abdi Sanyoto

NIRMANA ELEMEN ELEMEN SENI DAN DESAIN, Sadjiman Abdi Sanyoto

Buku ini diperuntukkan bagi: seniman, desainer, mahasiswa desain, mahasiswa seni, fotografer, perupa, layouter, penikmat seni, pembaca buku, redaktur penerbitan (majalah, jurnal, koran, buku), dan masyarakat umum. Bagi seorang seniman alam, mengikuti aturan dalam merancang sebuah karya seni sama halnya dengan mengikatkan diri dalam sebuah belenggu. Padahal, seni adalah wujud ekspresi yang bebas dan membebaskan. Lalu, apa pula perlunya kita belajar dan membaca buku yang berbicara aturan dasar seni (rupa) dan desain?

Bagi seorang seniman alam, mengikuti aturan dalam merancang sebuah karya seni sama halnya dengan mengikatkan diri dalam sebuah belenggu. Padahal, seni adalah wujud ekspresi yang bebas dan membebaskan. Lalu, apa pula perlunya kita belajar dan membaca buku yang berbicara aturan dasar seni (rupa) dan desain?

Jika Anda berkarya untuk diri sendiri, maka itu tidak jadi soal. Karena berbiacara seni, berbicara dalam wilayah jiwa dan ekspresi. Dan karya seni sendiri kemudian mewujud sebuah teks yang lepas dari sang seniman. Setelah karya itu lepas, ia bisa bisa dinikmati serta ditafsirkan oleh khalayak penikmat, sekehendak penikmat. Dalam dunia seni murni, hal ini tidak jadi soal. Karena interpretasi merupakan bagian tak terpisahkan dari bentuk apresiasi karya.

Lain halnya dengan jika seorang seniman merancang sebuah karya seni untuk tujuan tertentu yang disampaikan kepada publik. Seperti halnya sebuah iklan, seorang seniman dituntut mengkomunikasikan gagasan dan informasi kepada publik lewat karyanya. Dalam kondisi seperti ini, seorang seniman perlu memahami betul karakter dan logika budaya masyarakat yang akan menjadi sasaran desain atau karya seninya. Ketika ia paham medan, maka ia bisa bermain dengan baik, menarik, dan tentu saja “sampai”.

Nah, dalam konteks inilah, buku Nirmana ini dihadirkan oleh seorang akademisi sekaligus praktisi yang puluhan tahun malang-melintang di dunia desain dan seni. Selama itu pula, Sadjiman berkarier dan mengasah sense of art-nya sebagai pengajar Dasar-dasar Seni dan Desain di kampus ISI Jogja, Univ. Petra Surabaya, ASRD Akseri Jogja, Lembaga Kejuruan Desain Visi Jogjakarta, dan Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian UGM Jogja (MK Periklanan dan Fotografi).

Beberapa penghargaan bergengsi diraih atas karyanya, seperti sayembara lambang MTQ Nasional (1976); sayembara lambang UNS Surakarta (1978); pemenang pertama lomba poster kesehatan FK UGM (1980); Sayembara lambang Depdikbud RI (Tutwuri Handayani); pemenang sayembara lambang STSI Padang Panjang (1999); nominiasi lambang SMP Terbuka (2004); dan beberapa

penghargaan lain.

Dengan bekal pengalaman ini, Sadjiman menyiapkan bekal spesial kepada para praktisi, akademisi, hingga penikmat karya seni dan desain. Menariknya, buku dengan 32 halaman berwarna ini membincang dasar-dasar seni dengan pendekatan interval tangga rupa yang cukup mudah dipahami, bahkan oleh orang awam. Selamat menikmati.

“… sumbangan ilmiah yang tak ternilai bagi proses belajar dan mengajar di Perguruan Tinggi Seni Rupa dan Desain.”
Drs. Soeprapto Soedjono, M.FA, Ph.D

“Dibandingkan dengan buku-buku lain dengan topik sama, buku ini lebih lengkap”.
Dr. Sumartono, MA

“Ini ilmu langka.”
Widyatmoko, M.Sn (Penulis buku Merupa Buku)

Rp 125.000 

Beli Sekarang
Tersedia
Berat (gram)700


INFO BUKU

Judul: Nirmana Elemen Elemen Seni Dan Desain
Penulis: Sadjiman Ebdi Sanyoto
Penerbit: Jalasutra
Edisi: 2010
Halaman: 304
Ukuran: 15 x 21 cm
Sampul: Soft Cover
Bahasa: Indonesia
Kondisi: Buku Baru
Lokasi: 

Kode: Masukkan kode negara.
Telepon: Masukkan nomor telepon.


Checkout Sekarang