PERGELARAN SEBUAH MOZAIK PENELITIAN SENI BUDAYA, Leno Simatupang

PERGELARAN SEBUAH MOZAIK PENELITIAN SENI BUDAYA, Leno Simatupang

Perkembangan dan pertumbuhan ilmu pengetahuan berhubungan secara dialektis dengan perubahan realitas material, praktik, maupun pergaulan umat manusia yang didorong oleh faktor-faktor yang berada di luar wilayah akademis. Di dalam ranah akademis sendiri, dapat dikatakan bahwa ilmu pengetahuan tumbuh dan berkembang lewat penambahan objek kajian dengan hal-hal yang sebelumnya belum dipertanyakan, lewat penerapan perspektif baru terhadap objek kajian yang sama, atau gabungan keduanya. Tersirat di dalam pernyataan itu, bahwa pertumbuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan dicapai lewat penelitian.

Gerak dinamis serupa ini terjadi pula dalam disiplin keilmuan yang menempatkan seni sebagai objek kajiannya. Tulisan ini dimaksudkan sebagai pengantar mengenai pergeseran perspektif yang terjadi dalam kajian seni. Pembahasan akan difokuskan pada munculnya kecenderungan pendekatan yang memberi penekanan pada pergelaran (performance) – atau yang sering dikenal sebagai performance centered approach. Pada beberapa bagian akan dipaparkan secara singkat tentang pemikiran fenomenologi – aliran filsafat yang melatarbelakangi munculnya pergeseran pendekatan tersebut.

Buku Pergelaran Sebuah Mozaik Penelitian Seni-Budaya menyajikan bagaimana perspektif fenomenologi memberi pengaruh pada minat antropologi untuk meneliti perihal pengalaman. Buku ini juga membahas pendekatan yang terpusat pada pergelaran; termasuk keterkaitan antara performance centered approach ini dengan metode etnografi.


Rp 53.000
Rp 63.000
Beli Sekarang
Tersedia
Berat (gram)700



INFO BUKU

Judul: Pergelaran Sebuah Mozaik Penelitian Seni-Budaya
Penulis: Leno Simatupang
Penerbit: Jalasutra
Edisi:
Halaman: 312
Ukuran: 15  x 23 cm
Sampul: Soft Cover
Bahasa: Indonesia
Kondisi: Buku Baru
Lokasi:

Kode: Masukkan kode negara.
Telepon: Masukkan nomor telepon.


Checkout Sekarang