PIERRE BOURDIEU MENYINGKAP KUASA SIMBOL, Fauzi Fashri

PIERRE BOURDIEU MENYINGKAP KUASA SIMBOL, Fauzi Fashri

Memahami dunia seorang pemikir memang bukanlah suatu hal yang mudah. Terlebih lagi memahami mengapa seorang pemikir akhirnya menghasilkan sebuah karya yang menjadi manifestasi kondisi kemanusiaannya kala itu. Seorang pemikir, dalam berproses menghadirkan sebuah karya pastilah tidak bisa terlepas dari proyeksi kehidupan pemikir itu. Meskipun dalam kondisi psikologis yang stabil, materi karya yang ditemukan maupun dimunculkan secara historis adalah hasil dari proyeksi kehidupannya tersebut. Sebuah ide mungkin bisa muncul tiba-tiba. Akan tetapi ketika ia mulai digabungkan dengan pelbagai unsur tambahan lain, maka ia akan menjelma menjadi wujud lain pemikir tersebut. Material sebaru apapun, tidak akan bisa terlepas dari historis pemikirnya.

Buku Pierre Bourdieu: Menyingkap Kuasa Simbol merupakan edisi revisi dari cetakan pertama yang berjudul Penyingkapan Kuasa Simbol: Apropriasi Reflektif Pemikiran Pierre Bourdieu. Bourdieu merupakan pemikir sekaligus pelaku yang tak sekadar menjahit teks-teks teoretik, tapi juga menautkannya dalam aktivisme kehidupan. Memahami Bourdieu ibarat proses dialog antara penulis dengan diri Bourdieu maupun dengan ‘the Other’ yang dimengerti dalam arti luas baik latar kebudayaan, lintasan sejarah, dan lingkungan yang berada di sekelilingnya. Hal ini karena karya-karya Bourdieu cukup rumit, maka riskan salah tafsir terhadap pemikirannya. Upaya membaca oeuvre ini perlu dibarengi dengan sikap hati-hati—kehati-hatian yang sama dengan yang diterapkan Bourdieu dalam tulisan-tulisannya.

Buku ini ingin menelusuri kemampuan bahasa sebagai salah satu sistem simbol dalam mengonstruksi realitas seperti pada pembacaan yang dilakukan Bourdieu terhadap relasi bahasa dan kekuasaan. Karena dengan bahasa, kita mengkategorikan ataupun memasukkan perbedaan ke dalam kehendak untuk menguasai.

Kajian dalam buku ini berupaya melakukan pembacaan, penafsiran, dan pemahaman tentang tata kuasa simbolik menurut pemikiran Pierre Bourdieu. Topik-topik yang dipaparkan dalam buku ini meliputi:
  • Eksplorasi terkait pertautan kekuasaan dan kekerasan dalam tata simbol
  • Bahasan lintasan kehidupan Pierre Bourdieu dan aspek-aspek pemikirannya
  • Uraian mengenai bahasa, pertarungan kekuasaan dan kekerasan simbolik
  • Paparan pandangan kritis Bourdieu terhadap tata wacana neoliberalisme
  • Catatan kritis atas pemikiran Bourdieu
Rp 71.000

Beli Sekarang
Tersedia
Berat (gram)700



INFO BUKU

Judul: Pierre Bourdieu: Menyingkap Kuasa Simbol
Penulis: Fauzi Fashri
Penerbit: Jalasutra
Edisi: 2014
Halaman: 212
Ukuran: 14.3 x 21 x 2.3 cm
Sampul: Soft Cover
Bahasa: Indonesia
Kondisi: Buku Baru
Lokasi: 100/Fas/p

Kode: Masukkan kode negara.
Telepon: Masukkan nomor telepon.


Checkout Sekarang